Selasa, 03 Juli 2012

BATU CERMIN


Labuan Bajo Flores NTT, memiliki obyek wisata yang tak kalah menarik untuk didatangi wisatawan. Namanya Goa Batu Cermin. Hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat,yang akhir-akhir ini diramaikan oleh kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Dinamai Goa Batu Cermin, karena di dalam goa ada lobang di atas yang kalau siang hari sinar matahari memasuki dalam goa melalui celah yang sempit itu. Saat hujan, air hujan akan memasuki goa dan menimbulkan genangan. Nah, genangan air yang terkena sinar matahari akan membuat kita bisa melihat wajah sendiri di air hujan yang memenuhi goa. Itulah yang menyebabkan mengapa tempat ini dinamakan Goa Batu Cemin.

Obyek wisata goa ini memang menarik untuk dikunjungi wisatawan di Labuan Bajo. Hanya saja keberadaan Goa Batu Cermin tidak terurus sama sekali. Ini bisa terlihat dari tanaman di kiri kanan saat berjalan dari tempat parkir ke lokasi goa yang tidak terpelihara alias dibiarkan tumbuh liar. Belum lagi ada bangunan sebelum memasuki goa yang sudah tidak terawat lagi. Sepertinya ini tempat penjualan karcis sekaligus ruang informasi. Di sebelahnya ada bangunan untuk menikmati pemandangan di sekitar goa, kondisinya pun nyaris sama, rusak berat.
Padahal, kalau ditata lebih baik, akan sangat menarik bila sebelum memasuki goa, wisatawan sudah mendapatkan informasi seputar goa melalui papan informasi yang ada, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Dengan karcis masuk Rp 10.000 ditambah jasa pemandu wisata Rp 20.000, pemasukan dari obyek wisata gua ini masih cukup lumayan untuk dikelola dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar